Photobucket

Memilih Player Untuk Radio Streaming di Ubuntu

Memilih Player Untuk Radio Streaming di Ubuntu


Mendengarkan radio tidak harus mempunyai radio, juga tidak harus berada di wilayah jagkauan radio tersebut. Radio HANG misalnya yang berada di Karnaval Mall Batam Center dapat kita dengarkan di seantero penjuru dunia, begitu juga dengan Radio RODJA yang berada di cileungsi Bogor. Radio streaming bukan merupakan barang baru lagi.

Untuk mendengarkan radio streaming di perlukan player (pemutar) yang mendukung streaming. Banyak sekali multimedia player yang sudah mendukung radio streaming. Berikut ini adalah player yang pernah saya coba di Gutsy (Ubuntu) saya:


Rhythmbox Music Player
Multimedia player ini merupakan bawaan dari Ubuntu. Fiturnya pun cukup lengkap, selain multimedia player, ada juga podcast dan radio streaming.





Interface nya yang sederhana dan navigasi yang mudah merupakan keunggulan dari player ini. Fasilitas search nya juga cukup membantu dalam mencari file yang ingin kita putar. Rhytmbox music player ini juga bisa membaca data-data yang dalam sebuah file mp3, seperti singer, genre, dll.



XMMS
Player yang paling populer di linux. Player ini juga yang pertama kali saya kenal ketika dahulu mulai mengenal linux. Dengan interface yang mirip dengan winamp, cukup mudah dalam mengoperasikan bagi yang baru mengenal linux. Di Ubuntu, sangat mudah untuk mendapatkan player ini, cukup dengan mengetikkan: sudo apt-get install xmms di terminal.








 AUDACIOUS
Player ini tidak jauh beda dengan xmms, hanya saya lebih menyukai audacious daripada XMMS.



Interface yang sederhana menjadi keunggulan dari player ini. Untuk menginstalnya pum cukup mudah, tinggal ketik: sudo apt-get install audacious di terminal.


REAL PLAYER
Selain untuk memutar radio streaming dan multimedia, player ini juga bisa memutar real media file. Simpel dan ringan, inilah kelebihannya. Jika hanya ingin mendengarkan suara standar saja (tidak perlu kualitas bass dan treble) player ini sudah cukup. Selain audio, video pun bisa di putar di player ini. Untuk mendapatkannya bisa mengunjungi situs http://real.com/linux . Download file yang berekstensi .bin lalu tambahkan atribut executable pada file tersebut dengan menggunakan perintah: sudo chmod +x nama_file.bin . Setelah itu jalankan dengan perintah: sudo nama_file.bin .




                                       make it easy n enjoy this ^^


0 Comments:

Post a Comment