Photobucket

BAB I
“ANALISIS PERHITUNGAN BUNGA PADA PENJUALAN ANGSURAN CV.MITRA JAYA “

1.1 Latar belakang

         Dengan meningkatnya perkembangan pasar dan hasil produksi yang diciptakan, banyak perusahaan yang melaksanakan sistem penjualan yang terhandal dalam usahaanya untuk menguasai pasar internasional dan berlomba untuk menjadi yang terdepan. Karena itu muncul anggapan bahwa keberhasilan suatu perusahaan sebagian besar ditentukan oleh keberhasilan dalam penerapan sistem dan kegiatan penjualan.
       Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi suatu perusahaan, karena dengan adanya penjualan berarti baik secara langsung maupun tidak langsung perusahaan akan menerima suatu pendapatan. Secara langsung pendapatan akan diterima untuk perusahaan bila penjualan dilakukan secara tunai atau kas, dan secara tidak langsung pendapatan akan diterima apabila perusahaan melakukan penjualan secara kredit atau angsuran dan karena penjualan tersebut perusahaan akan mempunyai tagihan kepada kreditur. Oleh karena itu untuk memaksimalkan pendapatan, perusahaan membutuhkan sebuah metode yang tepat.
      Dalam kegiatan penjualan dikenal dua macam pembayaran, yaitu dengan cara pembayaran tunai (cash payment) dan pembayaran angsuran (installment payment). Salah satu sistem penjualan yang banyak diterapkan pada perkembangan sekarang ini adalah pembayaran angsuran (installment payment). Pada penjualan angsuran, pembayaran pertama oleh konsumen disebut uang muka (down payment). Besarnya uang muka yang akan dibayar oleh konsumen ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara pihak penjual dan konsumen dalam melaksanakan transaksinya.   
      Ada beberapa alasan yang menyebabkan perusahaan melakukan kebijakan untuk menerapkan system penjualan angsuran , antara lain perekonomian yang kurang baik mengakibatkan rendahnya daya beli masyarakat untuk melakukan pembelian secara cash atau tunai ; semakin banyaknya perusahaan yang memproduksi barang sejenis sehingga mengakibatkan persaingan antar perusahaan ; usaha perusahaan untuk mencapai target penjualan atau meningkatkan volume penjualan dengan laba yang maksimum.
CV MITRA JAYA yang beralamat di Jl.Jendral Sudirman 16 Ruko 1-3 KRANJI BEKASI perusahaan ini bergerak dibidang penjualan kendaraan bermotor, dimana penjualannya dilakukan secara angsuran. penjualan angsuran ini dimaksudkan untuk dapat menarik lebih banyak konsumen, dengan demikian laba yang akan diperoleh akan mengalami peningkatan. Berdasarkan pertimbangan diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS PERHITUNGAN BUNGA PADA PENJUALAN ANGSURAN CV.MITRA JAYA  “

0 Comments:

Post a Comment